Cara Mengganti Ekstensi file sekaligus di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 & Windows 10

Menggunakan Notepad

Pada suatu saat anda mempunyai beberapa file yang perlulig anda rubah ekstensi filenya sekaus
Saya punya sebuah trik yang baru saya dapat di mbah google

  1. Buka notepad
  2. Contoh anda ingin mengganti semua ekstensi bmp menjadi rar
  3. Ketikkan ren *.bmp *.rar
  4. Simpan file anda dengan nama rename.bat
  5. Tempatkan pada folder yang akan diganti ekstensi filenya
  6. Setelah itu anda eksekusi file rename.bat tersebut
  7. Selamat mencoba. 
 NB:sebelum anda membuat  script itu usahakan anda copy terlebih dahulu semua file yang akan dirubah jika anda merasa file itu penting pindahkan  ke media penyimpanan lain yang tidak berhubungan dengan komputer anda


Menggunakan Command Prompt




Dengan Command Prompt, Anda bisa mengubah nama file dengan perintah rename atau ren. Yang menjadi salah satu kelebihan dari Command Prompt adalah Anda tidak hanya bisa mengubah nama tetapi juga dapat mengubah tipe file sekaligus.

Untuk memulainya, klik kanan folder berisi file yang hendak Anda ubah namanya sambil menekan tombol Shift dan pilih “Open Command Window Here”.

Untuk mengubah tipe file, Anda tinggal menuliskan perintah “ren *.(tipe file awal) *.(tipe file yang hendak diubah)”. Seperti misalnya, Anda hendak mengubah file gambar tipe .JPG menjadi tipe .PNG, maka yang perlu Anda ketik adalah “ren *.JPG *.PNG”.

DOS-02

DOS-03
Berikut adalah contoh hasilnya.
DOS-04


Cara Mengganti Ekstensi file sekaligus di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 & Windows 10 Cara Mengganti Ekstensi file sekaligus di Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 & Windows 10 Reviewed by yunanto on Jumat, November 11, 2016 Rating: 5

2 komentar :

Events

Diberdayakan oleh Blogger.